Kamis, 27 Oktober 2011

peranan desain pemodelan grafik untuk interaksi manusia dengan komputer


kacapembesar.jpg (225×224)

Assalamualaikum wr.wb , salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit.  Kali ini dalam tugas softskill saya mengenai peran desain permodelan grafik untuk interaksi manusia dan komputer. Awalnya sedikit binggung, tapi setelah dapat pencerahan dari Grup kelas diFacebook jadi sedikit mengerti apa yang akan saya tulis diblog ini. Tapi semoga bermanfaat bagi pembaca. Kali ini saya akan membahas tentang kenapa icon search itu harus kaca pembesar? kenapa tidak gambar anjing ,atau hewan pencari lainnya?
Jawabannya, karena kaca pembesar itu berfungsi sebagai alat untuk mencari sesuatu sampai kehal yang paling kecil dan paling tersembunyi. Kaca pembesar kan biasaya digunakan manusia untuk mencari hal-hal terkecil dan itulah yang menyebabkan bahwa icon search itu menggunakan gambar kaca pembesar, jadi manusia dapat mengingatnya dengan mudah dan dapat dengan mudah mengetahui fungsinya.
Search, biasanya sangat dianggap remeh dalam penggunaan komputer, laptop, maupun handphone, padahal search ini sangat bermanfaat, dengan searh kita dengan cepat mampu mencari sebuah dokumen atau data-data yang ada tanpa harus mengecek setiap folder-folder yang ada. Kita hanya tinggal mengetik apa yang akan kita cari, dalam hitungan detik langsung ketemu apa yang kita cari.
Jadi, kesimpulannya gambar Kaca pembesar dijadikan Icon search sangatlah logis, dilihat dari cara penggunaan, manfaat, dan siapa yang biasa menggunakannya. 

manfaat desain pemodelan grafik untuk bidang budaya

     Assalamualaikum wr.wb ,salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Selalu binggung kalo disuruh bikin tulisan tentang softskill, kali ini saya akan mencoba lebih kreatif lagi dan saya akan coba membuat sesuai dengan kamampuan saya, maksudnya apa yang saya akan tulis itu setau saya saja,hehehe. Tapi semoga blog ini bermanfaat untuk para pembaca.
     Seperti yang sudah dijelaskan pada blog saya sebelumnya bahwa, Desain permodelan grafik itu adalah suatu teknik membuat objek atau bentuk yang mana menggunakan software grafik yang nanti hasilnya akan terlihat nyata dan dapat divisualisasi dengan baik. Pengaruh desain permodelan grafik untuk bidang budaya sendiri sangatlah besar, banyak sudah software-software yang diciptakan untuk membuat suatu model grafik menggunakan media komputer yang mana hasilnya terlihat sangat bagus.
    Dengan membuat desain dimedia komputer, kita dapat langsung men-share hasil karya kita keseluruh dunia melewati internet pastinya, jadi seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal dengan mudah oleh dunia. Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara ke dunia, kita tinggal membuat desainnya dikomputer menggunakan software model grafik, hasilnya selesai langsung dishare melalui internet deh.
    Saya juga pernah share tentang software untuk membuat batik, dan ternyata sangat Amazing, software itu sudah ada yang menciptakan, dan yang menciptakan itu anak bangsa kita sendiri. Software itu namanya JBatik. Jbatik adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan basis desain batik tradisional.Dalam perangkat lunak JBatik, mula-mula gambar batik diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya. Yang luar biasa adalah dari satu rumus dapat dihasilkan banyak motif desain.Inovasi ini berhasil memetakan pola-pola batik secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga dapat menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital.
batik-indonesia-menuju-pengakuan-dunia.jpg (298×225)
    Kesimpulannya, bahswa maanfaat desain permodelan grafik dalam bidang budaya sangat lah banyak. Batik, kebudayaan Indonesia dapat dikenal mendunia dan kita jadi bisa men-export baju batik kita keluar negri untuk pemasukan negara kita sendiri. 


sumber : http://kacahati.wordpress.com/2009/10/02/jbatik-software-pembuat-batik/

Senin, 17 Oktober 2011

Penjelasan Tentang Kerja dan Teknologi Konversi bitmap ke vektor dan sebaliknya

Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Ditugas yang kedua ini, mungkin pembaca sudah mengetahui tentang pengertian bitmap dan vector karena pada tulisan sebelumnya, saya sudah sedikit menjelaskan tentang bitmap dan vector. Sekarang saya hanya sedikit ingin sedikit memberitahu tentang convert dan teknik menconvertnya. Walaupun sedikit, semoga bermanfaat untuk semua pembaca.
Teknik yang digunakan dalam mengconvert bitmap ke vector atau vector ke bitmap biasanya disebut teknik Tracing. Teknik tracing adalah teknik membuat ulang suatu objek gambar . Teknik tracing bisa digunakan menggunakan software CorelDraw, Adobe Photoshop , dll. Teknik Tracing sendiri bisa disebut dengan teknik menjiplak gambar, tapi tunggu dulu, bukan berarti kita plagiat , tetapi teknik ini digunakan untuk mempercepat waktu atau bahasa kerennya berpacu dengan waktu. Teknik Tracing bisa dilakukan secara manual dan digital.
Perubahan yang terjadi ketika kita menconvert vector ke bitmap, adalah gambar yang dihasilkan akan lebih kecil dan scable. Convert vector ke bitmap biasanya digunakan untuk menconvert logo atau dan bentuk graphic lainnya. Software yang digunakan adalah Corel Draw, Illustrator, freehand, dll.
Sedangkan jika kita menconvert bitmap ke vector, gambar yang dihasilkan lebih berat dan tidak scable. Biasanya dalalm convert ini mengunakan perbandingan 1:1 agar gambar mudah diconvert. Tapi dalam urusan gradasi dan efek, bitmap lebih kece karena dia smooth. Software yang biasa digunakan adalah Photoshop, painter, dll.

Jadi, menggunakan tracing itu lebih cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Sumber:

Pengertian Desain Permodelan Grafik, Bitmap,Vektor

Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Pertama-tama binggung mau buat apa dan mau disi apa tugas softskill ini, tapi coba untuk kreatif aja, walaupun sedikit tetapi semoga bermanfaat.
Desain permodelan grafik adalah suatu teknik membuat objek atau bentuk yang mana menggunakan software grafik yang nanti hasilnya akan terlihat nyata dan dapat divisualisasi dengan baik.  Desain grafik dibagi 2, yaitu 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D). 2D, biasanya masih terlihat abstrak atau tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dikehidupan nyata kita, sedangkan 3D, grafik disini mungkin sudah sangat mirip dengan objek yang ada didunia nyata dan terlihat seperti hidup. Desain Permodelan Grafik software yang biasanya digunakan yaitu, 3DsMax, Open GL, Autocad, Ogre, Blender, dll.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan desain permodelan grafik
komputer:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi objek yang akan kita bentuk.
 3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
objek bergantung waktu.
Dalam membuat grafik computer tentu ada konsep atau kerangka dalam pembuatannya dan saya coba sebutkan dan sedikit menjelaskan tentang kerangka Grafik Komputer, berikut kerangkanya :
Kerangka Grafik Komputer :

Aplikasi model - aplikasi program - Graphics Library - Komputer

Keterangan:

1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah
perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll. 

Dalam Desain Permodelan Grafik, kita sangat dituntut untuk kreatif, teliti, cermat serta sabar. Karena dalam penggunaan dan pembuatan suatu objek sangat dibutuhkan point-point tersebut. Dalam Desain Permodelan grafik ada 2 jenis permodelan grafik:
·       *  Bitmap : representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bitdata untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Biasanya Bitmap itu ketika diperbesar/ zoom, gambar itu akan pecah. Format bitmap itu, *.JPG, *.PNG, *.GIF dll.
·        * Vektor :  gambar vector biasanya digunakan di coreldraw, biasanya digunakan untuk membuat logo, atau ilustrasi, karena vector tidak terbatas resolusinya, jadi ketika di perbesar/ zoom, gambar ga akan pecah. Format vector, *.EPS dan *.CGM.



Sumber :