Minggu, 31 Maret 2013

Komputasi Modern

Komputasi modern terdiri dari 2 suku kata, komputasi dan modern. Jika menurut om wiki Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan penadan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Modern jika menurut om wiki, modern adalah sesuatu yang baru atau ke-kinian.

Nah,dari pemecahan kata-kata tersebut dapat saya simpulakn bahwa Komputasi modern adalah perkembangan terbaru dari komputasi yang menggunakan algoritma untuk memecahkan sebuah masalah. Perkembangan ini merupakan sub-sub dari ilmu komputer dan matematika. Tetapi lebih banyak dan sering digunakan pada ilmu komputer. 

Jenis-Jenis komputasi modern :
1. Komputasi mobile
2. Komputasi grid
3. Komputasi cloud (awan)

Nah kali ini saya hanya menjelaskan mengenai mobile computing atau Komputasi mobile. Komputasi mobile merupakan perkembangan dan kemajuan teknologi dibidang komunikasi tanpa menggunakan media kabel untuk saling terhubung, jadi para pengguna mampu bergerak secara bebas untuk saling berkomunikasi melalui kabel.
contoh mobile computing adalah smartphone (Blackberry, Iphone, Android), GPS, dan masih banyak lagi. Kemajuan teknologi ini sangat berkembang pesat era seperti saat ini yang dituntut serba mobile tanpa terkekang jarak dan waktu. 


sumber : 

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Modern
http://justshareinfo.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar