Senin, 17 Oktober 2011

Pengertian Desain Permodelan Grafik, Bitmap,Vektor

Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Pertama-tama binggung mau buat apa dan mau disi apa tugas softskill ini, tapi coba untuk kreatif aja, walaupun sedikit tetapi semoga bermanfaat.
Desain permodelan grafik adalah suatu teknik membuat objek atau bentuk yang mana menggunakan software grafik yang nanti hasilnya akan terlihat nyata dan dapat divisualisasi dengan baik.  Desain grafik dibagi 2, yaitu 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D). 2D, biasanya masih terlihat abstrak atau tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dikehidupan nyata kita, sedangkan 3D, grafik disini mungkin sudah sangat mirip dengan objek yang ada didunia nyata dan terlihat seperti hidup. Desain Permodelan Grafik software yang biasanya digunakan yaitu, 3DsMax, Open GL, Autocad, Ogre, Blender, dll.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan desain permodelan grafik
komputer:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi objek yang akan kita bentuk.
 3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku
objek bergantung waktu.
Dalam membuat grafik computer tentu ada konsep atau kerangka dalam pembuatannya dan saya coba sebutkan dan sedikit menjelaskan tentang kerangka Grafik Komputer, berikut kerangkanya :
Kerangka Grafik Komputer :

Aplikasi model - aplikasi program - Graphics Library - Komputer

Keterangan:

1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah
perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain,
manufaktur, visualisasi dll. 

Dalam Desain Permodelan Grafik, kita sangat dituntut untuk kreatif, teliti, cermat serta sabar. Karena dalam penggunaan dan pembuatan suatu objek sangat dibutuhkan point-point tersebut. Dalam Desain Permodelan grafik ada 2 jenis permodelan grafik:
·       *  Bitmap : representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bitdata untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Biasanya Bitmap itu ketika diperbesar/ zoom, gambar itu akan pecah. Format bitmap itu, *.JPG, *.PNG, *.GIF dll.
·        * Vektor :  gambar vector biasanya digunakan di coreldraw, biasanya digunakan untuk membuat logo, atau ilustrasi, karena vector tidak terbatas resolusinya, jadi ketika di perbesar/ zoom, gambar ga akan pecah. Format vector, *.EPS dan *.CGM.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar