Senin, 17 Oktober 2011

Penjelasan Tentang Kerja dan Teknologi Konversi bitmap ke vektor dan sebaliknya

Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Ditugas yang kedua ini, mungkin pembaca sudah mengetahui tentang pengertian bitmap dan vector karena pada tulisan sebelumnya, saya sudah sedikit menjelaskan tentang bitmap dan vector. Sekarang saya hanya sedikit ingin sedikit memberitahu tentang convert dan teknik menconvertnya. Walaupun sedikit, semoga bermanfaat untuk semua pembaca.
Teknik yang digunakan dalam mengconvert bitmap ke vector atau vector ke bitmap biasanya disebut teknik Tracing. Teknik tracing adalah teknik membuat ulang suatu objek gambar . Teknik tracing bisa digunakan menggunakan software CorelDraw, Adobe Photoshop , dll. Teknik Tracing sendiri bisa disebut dengan teknik menjiplak gambar, tapi tunggu dulu, bukan berarti kita plagiat , tetapi teknik ini digunakan untuk mempercepat waktu atau bahasa kerennya berpacu dengan waktu. Teknik Tracing bisa dilakukan secara manual dan digital.
Perubahan yang terjadi ketika kita menconvert vector ke bitmap, adalah gambar yang dihasilkan akan lebih kecil dan scable. Convert vector ke bitmap biasanya digunakan untuk menconvert logo atau dan bentuk graphic lainnya. Software yang digunakan adalah Corel Draw, Illustrator, freehand, dll.
Sedangkan jika kita menconvert bitmap ke vector, gambar yang dihasilkan lebih berat dan tidak scable. Biasanya dalalm convert ini mengunakan perbandingan 1:1 agar gambar mudah diconvert. Tapi dalam urusan gradasi dan efek, bitmap lebih kece karena dia smooth. Software yang biasa digunakan adalah Photoshop, painter, dll.

Jadi, menggunakan tracing itu lebih cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar