Kamis, 27 Oktober 2011

manfaat desain pemodelan grafik untuk bidang budaya

     Assalamualaikum wr.wb ,salam sejahtera untuk kita semua, damai dibumi dan dilangit. Selalu binggung kalo disuruh bikin tulisan tentang softskill, kali ini saya akan mencoba lebih kreatif lagi dan saya akan coba membuat sesuai dengan kamampuan saya, maksudnya apa yang saya akan tulis itu setau saya saja,hehehe. Tapi semoga blog ini bermanfaat untuk para pembaca.
     Seperti yang sudah dijelaskan pada blog saya sebelumnya bahwa, Desain permodelan grafik itu adalah suatu teknik membuat objek atau bentuk yang mana menggunakan software grafik yang nanti hasilnya akan terlihat nyata dan dapat divisualisasi dengan baik. Pengaruh desain permodelan grafik untuk bidang budaya sendiri sangatlah besar, banyak sudah software-software yang diciptakan untuk membuat suatu model grafik menggunakan media komputer yang mana hasilnya terlihat sangat bagus.
    Dengan membuat desain dimedia komputer, kita dapat langsung men-share hasil karya kita keseluruh dunia melewati internet pastinya, jadi seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal dengan mudah oleh dunia. Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara ke dunia, kita tinggal membuat desainnya dikomputer menggunakan software model grafik, hasilnya selesai langsung dishare melalui internet deh.
    Saya juga pernah share tentang software untuk membuat batik, dan ternyata sangat Amazing, software itu sudah ada yang menciptakan, dan yang menciptakan itu anak bangsa kita sendiri. Software itu namanya JBatik. Jbatik adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan basis desain batik tradisional.Dalam perangkat lunak JBatik, mula-mula gambar batik diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya. Yang luar biasa adalah dari satu rumus dapat dihasilkan banyak motif desain.Inovasi ini berhasil memetakan pola-pola batik secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga dapat menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital.
batik-indonesia-menuju-pengakuan-dunia.jpg (298×225)
    Kesimpulannya, bahswa maanfaat desain permodelan grafik dalam bidang budaya sangat lah banyak. Batik, kebudayaan Indonesia dapat dikenal mendunia dan kita jadi bisa men-export baju batik kita keluar negri untuk pemasukan negara kita sendiri. 


sumber : http://kacahati.wordpress.com/2009/10/02/jbatik-software-pembuat-batik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar